Perhatikan 5 hal dalam pembuatan ujian online

  • Muhammad Romli
  • Artikel
  • 06:36
  • 20 Agustus 2018
Perhatikan 5 hal dalam pembuatan ujian online

Perkembangan dunia IT yang sangat pesat membuat kemudahan yang dulunya sangat sulit salah satunya adalah Ujian Online. dengan adanya aplikasi ujian online guru tidak perlu susah untuk melakukan koreksi dan penilaian hasil ujian. bayangkan saja jika 1 orang memakan waktu 5 menit dalam koreksi jawaban bayangkan saja jika ada 10 orang maka waktu yang dibutuhkan adalah 50menit, sedangkan kita sendiri tahu kalau dalam 1 kelas biasanya kurang lebih ada 30 siswa jadi butuh waktu 150Menit untuk melakukan koreksi jawaban siswa. dengan ujian online pengoreksian dilakukan secara otomatis oleh software ujian online. jadi guru bisa mempergunakan waktunya dengan baik. 

Dengan adanya solusi baru tidak lepas dengan masalah baru. ujian online merupakan sarana ujian menggunakan media komputer maupun smartphone yang berisi teks, gambar, suara mp3, maupun video. konten yang disediakan akan disajikan dimedia ujian siswa akan tampil dengan cepat dan ada yang tampil dengan lambat nah hal ini merupakan masalah baru yang jangan sampai diabaikan karena akan membuat ujian tidak maksimal atau bisa membuat ujian gagal dilakukan secara serentak karena tiba tiba server mati atau terlalu lambat munculnya soal di perangkat yang digunakan siswa.

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait dengan solusi dari permasalahan diatas berdasarkan pengalaman dilapangan.

1. Gambar Soal

Gambar merupakan hal yang sepele namun dampaknya sangat luar biasa. yang perlu diperhatikan adalah ukuran gambar tersebut. bayangkan saja jika 1 gambar pada 1 soal berukuran 1 MB, jika ada 10 soal maka ukuran 1 paket soal menjadi 10MB sekali tampil di perangkat siswa. jika ada 10 Siswa yang mengakses bersamaan maka  10MB x 100 Siswa = 1000MB  / 1GB data transfer yang melewati jaringan nah angka tersebut cukup besar dan bisa membuat jaringan jadi lambat karena proses distribusi paket data yang cukup besar. nah bayangkan saja jika gambar yang dipasang di soal diambil dari smartphone yang saat ini ukuran 1 foto bisa sampai 4MB bayangkan saja 1 soal bernilai 4MB maka 1 paket soal jadi 40MB, jika 40MB x 100 Siswa = 4000MB/ 4GB, dan ini adalah angka yang cukup mengerikan menurut saya jika tidak diperhatikan.

Solusinya adalah untuk gambar harus di kecilkan ukurannya terlebih dahulu sebelum di inputkan kedalam soal.

2. Video dan Suara

Barusan sudah kita bahas tentang gambar dan ini berlaku juga untuk video dan suara, ukuran video dan suara sangatlah besar jika anda memiliki perangkat jaringan yang kurang memadai bisa di kondisikan untuk persesi yang melakukan ujian di batasi jumlahnya.

3. Perangkat jaringan

Di poin 1 dan 2 kita bahasa di sisi pembuatan soal berikutnya kita bahas faktor eksternal.

JIka anda melaksanakan ujian online di intranet pastikan anda memiliki perangkat jaringan yang bisa melayani jumlah paket data yang cukup besar. mulai dari spesifikasi perangkat :

  • Komputer server termasuk didalamnya motherboard, processor, lan card
  • Kabel lan
  • Router
  • Switch / Hub
  • Wifi

Untuk spesifikasi  bisa anda langsung konsultasikan dengan penyedia perangkat yang anda percaya

4. Internet 

Jika anda melaksanakan ujian online langsung menggunakan internet pastikan bandwith cukup besar untuk bisa melayani jumlah siswa yang akan melaksanakan ujian. dan hal yang penting juga spesifikasi komputer yang kita pakai menjadi server online harus disesuaikan dengan kebutuhan jumlah siswa yang melakukan ujian online.

5. TIM IT

Jika anda memiliki tim IT anda akan mendapatkan dukungan yang baik jika terjadi trouble. sebaliknya jika anda tidak memiliki tim IT dipastikan akan sangat berat bagi anda jika ada trouble.

 

Begitulah kira kira hal hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan ujian online. disetiap hal selalu ada solusi baru dan ada masalah baru, namun jangan jadikan masalah menjadi hambatan melaikan dicari solusinya demi masa depan yang lebih baik.

Leave a comment